Release Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak
Release Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak

By Toyib, S.Pd., M.Pd. 23 Nov 2021, 00:34:43 WIB Pendidikan
Release Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak

Gambar : Aplikasi Rapor PSP


Release Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merilis Merdeka Belajar Sekolah Penggerak. Program ini merupakan kolaborasi antara Kemendikbud dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan SDM sekolah, pembelajaran, perencanaan, digitalisasi, dan pendampingan pemerintah daerah.

Program Sekolah Penggerak merupakan salah satu program yang mendorong satuan pendidikan (sekolah) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik secara holistik dalam rangka mewujudkan Profil Pelajar Pancasila dengan berfokus pada kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan peningkatan kompetensi kepala satuan pendidikan (kepala sekolah) dan guru. Selanjutnya, setelah sekolah mampu melakukan transformasi diri, Sekolah Penggerak diharapkan dapat menjadi katalis bagi sekolah-sekolah lain sehingga pemerataan mutu pendidikan dapat terjadi secara luas dan merata di seluruh Indonesia. 

Disisi lain, dalam pelaksanaan penilaian oleh guru sebagai bagian dari pelaksanaan kurikulum dan pembelajaran,  sekolah sangat memerlukan tools/alat bantu khususnya dalam rangka melakukan pengolahan dan pelaporan penilaian peserta didik yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum Sekolah Penggerak. Namun hingga saat ini, walaupun Kurikulum SP sudah berjalan hampir 1 semester, belum juga ada  aplikasi pengolahan penilaian yang dikeluarkan oleh pemerintah secara nasional, padahal aplikasi tersebut sangat dibutuhkan dalam rangka menyusun dan melaporkan hasil pembelajaran siswa di akhir semester ini.

Berangkat dari kebutuhan tersebut, seorang pendidik dan praktisi pendidikan dari Kabupaten Karangasem, Propinsi Bali, I Nyoman Pasek, S.Pd, M.Pd yang juga merupakan Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 4, telah mencoba mengembangkan suatu aplikasi manajemen penilaian yang kemudian diberi nama “Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP)”. Aplikasi ini dikembangkan sebagai wujud aksi nyata implementasi peran dan nilai guru penggerak di lingkungan pendidikan. Pengembangan aplikasi Rapor SP ini didasarkan atas kajian pengembang terhadap panduan pembelajaran dan penilaian sekolah penggerak serta pengalaman pengembang  sebagai seorang pendidik sehingga berhasil membuat fitur-fitur yang komunikatif, informatif, dan  komprehensif (menyeluruh) untuk dapat memberikan gambaran tentang hasil belajar peserta didik.

Jadi Aplikasi Rapor-SP adalah aplikasi/perangkat lunak berbasis web yang berfungsi sebagai manajemen penilaian yang komperehensif dan terpadu untuk menyusun laporan capaian kompetensi peserta didik (Rapor) pada satuan pendidikan baik pada jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK yang melaksanakan Program Sekolah Penggerak / Sekolah Pusat Keunggulan.  

Secara teknis Aplikasi Rapor-SP didesain terintegrasi dengan Aplikasi Dapodik yang dikeluarkan oleh Setditjen Dikdasmen. Aplikasi Rapor-SP menggunakan data dari Aplikasi Dapodik sebagai sumber data/referensi dalam pengelolaan data penilaian di sekolah. Selain mengintegrasikan dengan dapodik, Aplikasi Rapor SP juga dapat mengakomodir data guru yang belum terdaftar di dapodik serta dapat menyesuaikan data wali kelas dan pembelajaran secara lokal tanpa mempengaruhi aplikasi dapodik.

Dengan mengusung moto “dari CGP untuk Sekolah Penggerak", pengembang telah mendedikasikan aplikasi tersebut untuk dapat dimanfaatkan secara gratis bagi sekolah yang memerlukan aplikasi Rapor khususnya untuk sekolah penggerak / Sekolah Pusat Keunggulan.

Link Download Aplikasi Rapor-SP

 

Download Aplikasi Rapor Sekolah Penggerak (Rapor-SP)

NB : Aplikasi dapat berjalan pada komputer Windows 64 Bit

 

 

Video Panduan Penggunaan Aplikasi Rapor-SP

 

SUMBER : https://paseksmanda.blogspot.com/2021/11/rapor-sekolah-penggerak.html 




Video Terkait:


Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment